The Da Vinci Code : The Movie

Setelah membaca habis novelnya Dan Brown dengan judul yang sama, Saya benar-benar terkesima dengan jalan cerita serta trik trik dan rahasia yang disajikan oleh Dan Brown. Begitu tahu bahwa novel ini dijadikan layar lebar, Saya sangat penasaran bagaimana sang sutradara dan aktor mengangkatnya ke permukaan.

Tom Hanks, adalah aktor favorit Saya. Tapi sayangnya, sewaktu membaca tokoh Robert Langdon dalam novel, Saya merasa kurang pas jika diperankan oleh Tom Hanks. Kurang pas aja. Visualisasi dan imajinasi Saya tentang Robert Langdon tidak menyerupai Tom Hanks sama sekali.

Visualisasi film ini Saya rasa, sutradara kurang berani mengungkapkan apa adanya, seperti halnya yang tertulis dalam novel Dan Brown. Salah satu contohnya adalah pada saat Robert L dan Sophie Neveu bertemu dengan sang profesor yang mengungkapkan rahasia dibalik lukisan the last supper nya leonardo da vinci. Di novel, sang profesor menyatakan dengan jelas bahwa Yesus bukan tuhan, dan Robert Langdon mengangguk, meng-iyakan ataupun menyetujui pendapat profesor ini. Di filmnya, Tom Hanks yang memerankan Robert Langdon malah adu argumentasi dengan profesor dan dia menyatakan bahwa "Anda yang menyatakan demikian, bahwa Yesus itu bukan tuhan, itu pendapat Anda..."

Perbedaan lain adalah Langdon mencium Sophie... mungkin seharusnya tidak dilakukan karena kesimpulan akhir mereka adalah Sophie merupakan keturunan langsung dari Maria Magdalena dan Yesus. Pada adegan terakhir Sophie ditantang untuk melakukan mukzizat Yesus, berjalan di atas air.







0 comments: