Salib di Bulan Sabit

buku_Salib_Sabit Dialog Antariman Islam-Kristen
Pengarang Dr. Jerald F. Dirks
15 x 23.5 cm -344 hal. - Rp. 54,900
Terbit: Januari 2004

Buku yang sangat menarik. Pengarangnya mengajak kita, ke-3 agama inti Ibrahim as untuk menengok ke dalam hati. Bahwa banyak kesamaan antar ke-3 agama tersebut.

Yahudi yang hanya mengakui kenabian hingga nabi Musa as, Kristen yang menyebut Tuhan Yesus, serta Islam yang menyatakan tiada Tuhan Selain Allah.

Diawali dengan membahas mengenai persamaan antara agama Kristen dan Islam. Kisah yang sama yang terdapat dalam kisah Al Kitab dan Al Quran.

Prasangka dan steoreotip diantara pemeluk agama-agama - terutama Islam, Kristen dan Yahudi - acap kali menggumpal menjadi konflik yang tak kunjung terlerai. Faktor pemicunya jelas : tidak adanya saling pemahaman antara satu tradisi dengan tradisi lainnya.

Bab demi bab, pembaca - muslim dan kristiani - akan menikmati suatu penuturan jujur tentang pembaraan intelektual dan religius penulisnya. Bersandar pada referensi2 utama dari masing2 tradisi, Dr Jerald F Dirk membuat kita kagum oleh kepiawaiannya menelusuri sejarah awal agama, mengurai pelik pleik bahasa yang kerap memicu distorsi dan kesalahpahaman, dan menyuguhkan data-data yang kaya dan komparatif.

0 comments: